Makna Lambang Kwarda Lampung

kali ini kami akan membahas tentang Makna Lambang Kwarda Lampung. oke langsung saja kita simak apa sih Makna Lambang Kwarda Lampung itu??

Dasar : Skep Kwarda Lampung No.314a/K/O/KPTS/1977 tanggal 15 Juni 1977
Pencipta Lambang : Drs. M. Syarief Hidayat

Bentuk / Dasar Lambang



  1. Perisai melambangkan ketahanan mempertahankan cita-cita, dasar negara pancasila.
  2. Perisai segi lima berwarna cokelat tua, membentuk segitiga yang makin membesar keatas, diapit oleh warna cokelat muda dikanan-kiri bergaris tepi warna hitam.
  3. Warna cokelat tua dan cokelat muda melambangkan tanah tumpah darah suatu bangsa, dan dipakai seragam bagi anggota gerakan pramuka.

Isi / Lukisan Lambang

  1. Pita Putih bertuliskan LAMPUNG yang menaungi seluruh bagian dari lukisan lambang mempunyai arti bahwa daerah lampung sebagai wadah / tempat bagi anggota gerakan pramuka dalam memperoleh dan melakukan kegiatan.
  2. Siger bersegi sembilan, dan warna kuning emas sebagai lambang daerah lampung, Siger selalu dipakai dikepala pada upacara" tertentu, melambangkan para pramuka sebagai putera daerah lampung selalu menjunjung tinggi / menjaga nama baik dan martabat daerah lampung
  3. Dua cikal berwarna hijau didalam bunga leli warna putih, melambangkan pramuka putera-putri sebagai tunas muda harapan bangsa yang mempunyai cita-cita suci
  4. Lidah api berwarna merahmembentuk mahkota dengan lekuk jilatan sepuluh, melambangkan Dasa Darma sebagai pedoman hidup bagi anggota gerakan pramuka yang menjadikan sebagai warga negara yang baik dan berguna bagi nusa dan bangsanya dan Dasa Darma dijadikan pendorong bagi anggota gerakan pramuka dalam membangun diri, masyarakat, bangsa dan negara.
  5. Permata / mustika berbentuk tiga kelopak berwarna putih keluar dari dasar jilatan api, melambangkan Tri Satya sebagai kode kehormatan tertinggi bagi setiap anggota gerakan pramuka dalam menjalankan kewajiban hidupnya baik kepada tuhan maupun kepada negara dan bangsanya.
  6. Pita putih bertuliskan PUTRA SABURAI, berarti putra-putra daerah lampung (Putra Sai Bumi Ruwa Jurai)
Kesimpulan Arti Lambang

Bahwa Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Lampung sebagai wadah / penempa yang menggembleng para pramuka sebagai tunas harapan bangsa sehingga menjadi warga negara yang kuat, kokoh, dan gigih dalam membangun daerah lampung khususnya dan negara kesatuan republik indonesia (NKRI) dengan jiwa dan semangat Tri Satya dan Dasa Darma yang berlandaskan Pancasila

Oke itu saja pembahasan tentang Makna Lambang Gerakan Pramuka semoga bermanfaat dan membantu kalian semua. 

Post a Comment for "Makna Lambang Kwarda Lampung"